Halal Washoku Dinner Happo-en Tokyo

dish1dish2dish3dish4dish5dish6dish7gardenmenurestaurant entrancestatue

Washoku atau masakan tradisional Jepang belakangan ini semakin terkenal di kalangan pecinta kuliner internasional. Selain rasanya yang enak dan penyajiannya yang cantik, masakan Jepang juga terkenal sehat.

Seiring dengan meningkatnya kepopuleran Washoku, semakin banyak restoran atau hotel yang menyajikan berbagai tipe Washoku, misalnya masakan Jepang dari daerah tertentu seperti Kansai-ryori dan Kyoto-ryori, masakan Jepang vegetarian yang terinspirasi dari ajaran Budha atau Shojin-ryori, dan Halal Washoku yang sedang trend baru-baru ini. Menu Halal Washoku khusus dibuat untuk umat muslim yang ingin menikmati masakan Jepang tanpa harus khawatir tentang bahan-bahan non-halal yang digunakan.

Di Jepang sendiri sudah ada beberapa restoran yang menyajikan Halal Washoku, khususnya di Tokyo. Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga diundang makan malam Halal Washoku di restoran Jepang yang sangat terkenal di Tokyo yang bernama Happo-en.

Happo-en memiliki eksterior dan interior khas Jepang yang menawan, dengan tamannya yang luas dan indah. Masakan Jepang di sini tidak perlu diragukan lagi rasanya. Meskipun harganya cukup mahal, tapi rasa dan kesegaran bahan-bahannya dijamin top quality!

Menu pembuka pertama adalah ikan tai yang sudah direndam di dalam kaldu kombu atau rumput laut, disajikan dengan sayuran dan citrus jelly. Cita rasa ikan tai yang menggiurkan dikombinasikan dengan sayuran dan aroma jeruk yang menyegarkan.

Tako atau gurita, ikan anko dan udang yang disajikan dengan kacang kedelai hitam dan saus miso dan sayuran menjadi menu pembuka kedua. Variasi rasa pada makanan pembuka kedua sangat menarik, dan pastinya kita bisa merasakan kesegaran bahan-bahan yang digunakan.

Selanjutnya, giliran menu sashimi yang disajikan. Walaupun keluarga saya jarang makan sashimi, mereka cukup menikmati sajian “ikan mentah” yang sering dihindari orang Indonesia ini. Biasanya, ikan yang dijadikan sashimi tergantung dari musim. Kali ini kita menyantap sashimi tuna yang gurih dan lembut dengan side dish sayuran segar yang dibumbui shoyu.

Menu berikutnya adalah yang mungkin paling menggiurkan untuk pecinta daging sapi: shabu-shabu dari daging sapi Maezawa yang terkenal “elit” dan memang terbukti enak! Selain daging sapinya yang gurih, sayuran yang disajikan bersamaan dengan daging juga tidak kalah enak dan renyah.

Sebelum menu penutup buah-buahan, masih ada udon atau mie Jepang yang disajikan dengan acar. Udon juga salah satu masakan Jepang yang semakin populer di Indonesia. Kali ini, udon yang kita makan bentuknya mirip dengan kwetiau.  Untuk rasa, jangan ditanya lagi, mie yang kenyal dan lembut dengan kuah yang unik dan pas asinnya.

Terakhir, buah melon yang super manis menjadi menu penutup makan malam Halal Washoku kami.

Kalau ada kesempatan ke Tokyo, jangan lupa mampir ke Happo-en dan coba Halal Washoku-nya!

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s